Ridwan Kamil Dianugerahkan Gelar Pendekar Pencak Silat Jawa barat

Posted on

Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil memperoleh karunia Pendekar Jawa barat dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa barat. Ciat!
Ketua IPSI Jawa barat H Phinera Wijaya atau yang dekat dipanggil Kang Icak menjelaskan, penganugerahan ini diberi sebab andil Ridwan Kamil dalam mempromokan pencak silat ke telinga dunia.

“Prestasi besar ini bukanlah satu kebenaran tetapi sebab usaha keras, animo kami berikan untuk figur seorang Ridwan Kamil (Gubernur Jawa barat) dengan semangat juara memperlihatkan perhatiannya, saat beliau baru memegang selaku Gubernur Jawa barat langsung memberi suport seutuhnya ke pencak silat dengan promo ke UNESCO di negeri Belanda, Belgia dan Perancis pada Oktober 2018,” sebut Kang Icak di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (12/12/2020).

Baca juga : Kevin De Bruyne Ingin Lepaskan Sakit hati di Derby Manchester

 

 

Dia mengharap, Ridwan Kamil dapat jaga loyalitas dalam melestarikan pencak silat.

“Karena itu atas nama seluruh IPSI Jawa barat menganugerahkan Ridwan Kamil selaku Pendekar Jawa barat, kesempatan kali ini juga kami berikan terima kasih ke warga Indonesia, terutamanya warga pencak silat Jawa barat, atas suport dan doanya hingga pencak silat jadi sisi penting dalam keberadaan budaya dunia,” ucapnya.
Kang Emil – panggilan Ridwan Kamil- menjelaskan, dianya pernah belajar pencak silat saat masih kecil di daerah Cigadung, Kota Bandung. Sepanjang belajar seni beladiri itu, dia rasakan ada perombakan positif dalam pribadinya saat kecil.

“Saya pengin evaluasi pencak silat dapat datang di semua beberapa anak di Jawa barat,” kata Kang Emil.

Menurut Kang Emil, pergerakan pencak silat bisa tarik warga dunia. Disamping itu, semangat persatuan

dan pertemanan di dunia pencak silat bisa menjadi keunggulan tertentu untuk hari esok beberapa anak di Jawa barat.

“Semoga kebangunan pencak silat lewat UNESCO dengan Peninggalan Budaya Tidak Benda dan suport sarana yang ideal kelak, ditambahkan kombinasi adab yang bagus dan silat ialah ciri-ciri pemuda hari esok di Jawa barat. Lantas kita dapat mengabadikannya dengan membuat film dokumenter dan memperlihatkannya ke dunia,” katanya.

Kang Emil juga mengatakan, karunia Pendekar Jawa barat bisa menjadi motivasi untuknya untuk berusaha keras dalam melestarikan pencak silat. Dia berterima kasih ke padepokan-padepokan pencak silat.

“Saya tidak berasa lebih berjasa dari yang lain itu keharusan dari yang lain , karena itu semuanya yang menyukai ini (pencak silat) harus lagi dibudidayakan untuk diplomasi kebudayaan di Indonesia terutamanya Jawa barat,” ucapnya.

Baca juga : Gregoria Mariska Konsentrasi Penuh ke Kwalifikasi Olimpiade

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *