Riwayat Barcelona Lengkap dari Awalnya Berdiri Sampai Saat ini

Posted on

 

Barcelona adalah club raksasa Eropa asal Spanyol. Club yang dipanggil Los Cules ini bertempat di Stadion Camp Nou di kota Barcelona, Spanyol. Barca jadi club terkenal yang sanggup mencatatkan beberapa prestasi di beberapa persaingan, baik di arena lokal atau internasional. Pasti club ini mempunyai riwayat panjang sampai sekarang jadi salah satunya club sepakbola paling sukses di dunia. Di bawah ini adalah informasi riwayat Barcelona FC lengkap dari tahun ke tahun mulai awalnya tercipta sampai sekarang jadi salah satunya club terpopuler di dunia.

Riwayat Barcelona

Awalnya Dibangun oleh Joan Gamper

Barcelona pertamanya kali dibuat pada tanggal 29 November 1899 oleh Hans Gamper. Awalannya di bulan Oktober 1899, Gamper menyimpan iklan di koran Los Deportes di mana dia pengin membangun club sepakbola dengan cari pemain yang tertarik dan cari suport keuangan. Pada akhirnya pada 29 November 1899 terkumpul 11 pemain sebagai tim awalnya Barcelona dan tercipta club yang waktu itu dinamakan Foot-Ball Klub Barcelona.

Club ini segera memetik berhasil di zaman persaingan regional, yakni Campionat de Catalunya dan Copa del Rey. Mereka memenangkan piala pertama pada tahun 1902, yakni Copa Macaya. Joan Gamper jadi figure penting untuk Barca pada awal berdiri, di mana dia selanjutnya menjadi presiden club semenjak tahun 1908. Pria dari Swiss ini cari dana untuk menyelematkan Barca dari kemunduran waktu itu. Gamper berperanan dalam membuat stadion baru untuk Barcelona.

Di zaman 1910-an, Barca juga jadi lambang dari wilayah Catalan, yang mereka jaga sampai saat ini. Barca juga berhasil meraih beberapa piala terhitung 6 kali juara Copa del Rey dan 11 kali juara Campionate de Catalunya di periode keemasan awalnya club. Barcelona berhasil meraih titel juara La Liga pada musim pertama yakni pada tahun 1929. Kemudian Los Cules sempat alami kemerosotan, karena faktor-faktor terhitung kritis keuangan dan pemecahan politik di tanah Spanyol.

Periode Perang dan Penggantian Nama

Ada Perang Sipil Spanyol pada tahun 30an juga benar-benar memengaruhi kelangsungan club, di mana lambang Catalan sempat tidak boleh dan Barcelona dipandang seperti teror. Mereka juga lalu mau tak mau mengganti nama mereka jadi Klub de Futbol Barcelona. Barca baru kembali lagi alami masa berhasil yang cukup di zaman 50an dan 50an, terhitung meraih 3 piala Liga Spanyol diakhir 40an.

Tahun 50an, Barca diperkokoh beberapa pemain kunci seperti Laszlo Kubala, Luis Suarez, Sandor Kocsis dan Zoltan Czibor. Gelar double winners dicapai pada tahun 1959 dan 1960. Mereka meluncur ke final European Cup atau Liga Champions untuk pertamanya kali pada tahun 1961, walau harus kalah atas Benfica. Walau demikian, bila dibanding pesaingnya Real Madrid, prestasi Barcelona kalah, khususnya waktu tahun 60an. Club ini kembali lagi bertukar nama kesempatan ini jadi Futbol Klub Barcelona atau dipersingkat FC Barcelona.

Periode Peralihan Tahun 70an dan 80an

Zaman 70an Barca sempat pecahkan rekor transfer dengan beli Johan Cruyff dari Ajax. Bersama Cruyff, Barca berhasil meraih keberhasilan di liga lokal. Tahun 1978, Barcelona lakukan pilpres untuk pertamanya kali oleh beberapa anggota Barcelona. Hasilnya Josep Lluis Nunez dipilih selaku presiden club. Barca selanjutnya meraih piala Eropa pada tahun 1979 dengan jadi juara Piala Winners. Diakhir 70an, project sekolah tinggi La Masia mulai ditingkatkan.

Tahun 80an, Barca sanggup datangkan beberapa pemain kelas dunia, diantaranya ialah Diego Maradona yang tiba dengan rekor transfer paling mahal waktu itu. Barca kembali lagi tidak berhasil juara Liga Champions waktu kalah di final ke-2 nya, kesempatan ini kalah atas Steaua Bucharest. Walau piala berprestise Eropa belum segera dicapai, Barcelona masih stabil meraih piala lokal, khususnya di gelaran Copa del Rey.

Zaman Pelatih Johan Cruyff

 

 

Baru diakhir 80an dan awalnya 90an Barca mendapati perform terbaik di bawah kepelatihan mantan pemain mereka Johan Cruyff. Disokong tim oke seperti Pep Guardiola, Ronald Koeman, Michael Laudrup, Romario dan Hristo Stoichkov, Barcelona meraih beberapa piala berprestise. Pucuknya pada tahun 1992, mereka meraih gelar Liga Champions pertama kalinya dengan menaklukkan Sampdoria di final. Selain itu Barca berhasil meraih 4 piala Liga Spanyol berturut-turut dari tahun 1991 sampai 1994. Cruyff juga jadi pelatih paling sukses dalam riwayat Barcelona dengan keseluruhan 11 piala dicapai dalam 8 tahun pelatihannya.

Akhir 90an Barca diperkokoh beberapa pemain populer seperti Ronaldo, Luis Figo, Pesaingdo, Patrick Kluivert dan Luis Enroique. Beberapa gelar lokal juga dicapai, walau gelar internasional kembali lagi lepas. Kepindahnya Luis Figo ke pesaing Real Madrid sempat membuat penggemar Barcelona geram. Ini jadi pro-kontra besar waktu itu. Barca juga alami beberapa hasil jelek pada awal tahun 2000-an, kalah berkompetisi dengan Real Madrid atau bahkan juga Valencia.

Keberhasilan di Zaman Modern

Pemilihan presiden baru Joan Laporta pada tahun 2003 mengidentifikasi zaman kebangunan El Barca. Ditambah lagi hadirnya pelatih Frank Rijkaard, Barca selanjutnya capai zaman keemasan di tengah tahun 2000an. Gabungan pemain lokal alumnus La Masia seperti Carles Puyol, Andres Iniesta dan Xavi Hernandez dan pemain bintang yang dibeli dari club lain seperti Samuel Eto’o, Deco dan superstar Ronaldinho membuat Barca tidak terhentikan. Piala Liga Champions ke-2 dicapai pada tahun 2006.

Kedatangan bintang muda baru Lionel Messi jadi catatan penting dalam riwayat Barcelona. Messi selanjutnya berkembang menjadi pemain terbaik Barcelona dan di dunia, bahkan juga salah satunya yang terbaik dalam riwayat sepakbola. Sesudah sempat tiada gelar dalam dua tahun, Pep Guardiola dipilih selaku pelatih baru pada tahun 2008. Pada musim pertama kalinya, Guardiola sanggup bawa Barcelona meraih 6 piala, terhitung La Liga, Liga Champions dan Piala Dunia Antar-klub.

Pada tahun 2010, Barca membuat rekor dengan tempatkan 3 pemain sekolah tinggi La Masia, yaitu Messi, Iniesta dan Xavi dalam 3 besar Ballon d’Or atau gelar pemain terbaik dunia. Barcelona juga diketahui selaku salah satunya club hebat Eropa di zaman 2010-an. Piala Liga Champions ke-4 dicapai pada tahun 2011 karena kedatangan trio Messi-Villa-Pedro di baris depan. Lionel Messi memang jadi figure penting dalam riwayat Barcelona. Dia berhasil meraih 5 kali gelar Ballon d’Or, rekor paling banyak. Tidaklah aneh bila Messi sering dipandang seperti salah satunya pemain terbaik selama hidup.

Barca juga memimpin persaingan lokal Liga Spanyol

Mereka sempat mempunyai trio striker maut lain pada diri Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar (MSN). Trio MSN jadi figure penting Barca meraih gelar Liga Champions kelima pada tahun 2015 dengan menaklukkan Juventus di final. Barca jadi club pertama di dunia yang meraih 2 kali treble winners, yaitu pada tahun 2009 dan 2015. Dengan prestasi yang keren dalam tahun-tahun ini, tidaklah aneh bila Barcelona dikatakan sebagai salah satunya club terbaik di dunia sekarang ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *